Manfaat Portal Sekolah bagi Siswa dan Orang Tua


Portal sekolah merupakan salah satu inovasi teknologi yang memberikan manfaat besar bagi siswa dan orang tua. Portal sekolah adalah platform online yang memungkinkan siswa, orang tua, dan guru untuk mengakses informasi terkait sekolah, seperti jadwal pelajaran, nilai ujian, absensi, dan informasi lainnya dengan mudah dan cepat.

Salah satu manfaat utama dari portal sekolah adalah kemudahan akses informasi. Dengan portal sekolah, siswa dan orang tua tidak perlu lagi datang ke sekolah hanya untuk mengetahui informasi terkait akademik. Mereka dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut melalui portal sekolah dari mana saja dan kapan saja. Hal ini tentu sangat membantu dalam memudahkan komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua.

Selain itu, portal sekolah juga memungkinkan siswa dan orang tua untuk memantau perkembangan akademik siswa secara real-time. Dengan adanya fitur nilai ujian dan absensi yang terupdate secara berkala, siswa dan orang tua dapat mengetahui seberapa baik atau seberapa buruk prestasi akademik siswa tersebut. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi siswa untuk terus memperbaiki diri dan bagi orang tua untuk memberikan dukungan dan motivasi yang lebih baik.

Referensi:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Pedoman Pengelolaan Portal Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Sari, D. (2020). Implementasi Portal Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 5(2), 150-165.
3. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2018). Panduan Penggunaan Portal Sekolah bagi Siswa dan Orang Tua. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.